Minggu, 31 Januari 2016

sintesis protein (biologi)



Pengertian dari Sintesis Protein – Sintesis protein merupakan sebuah proses dimana asam amino dalam suatu linear diatur menjadi protein. Dalam proses ini melibatkan peran RNA ribosom, RNA transfer, RNA hingga berbagai enzim. Dapat dikatakan pula bahwa sintesis protein ini merupakan sebuah proses dari sel-sel individu yang menyusun suatu protein. Dengan asam deoksiribonykleat atau DNA dan semua jenis dari RNA ini akan menyatu pada proses tersebut. Di samping itu, enzim di dalam inti sel juga akan memulai suatu proses sintesis protein dengan menggunakan pembukaan terlebih dahulu. Akibatnya pada DNA dengan titik yang digunakan ini akan mempengaruhi proses terciptanya RNA.
Description: Untitled
Bahwasannya, bentuk RNA yang dikenal sebagai salinan satu rantai DNA ini akan dikirim melalui sisi lain untuk membantu dan mempermudah proses pembawaan secara bersama-sama dengan asam amino. Dari proses ini nantinya akan menciptakan suatu protein yang diproses secara kimia dan mekanik di dalam sel.
Baca Juga :
Proses sintesis protein
Secara pasti dalam rantai RNA ini akan tersusun di dalam inti atau mRNA dan mRNA itu akan keluar menuju lubang kecil atau pori-pori nuklir dari nukleus. Pergerakan ini akan menuju pada area yang lebih besar dalam suatu sel yang bersangkutan atau di sitoplasma. Dengan kemudian akan keluar dari inti dan mRNA ini secara terstruktur akan berfungsi sebagai tempat berhentinya sintesis protein. Pada titik inilah terdapat kehadiran dari satu sub unit ribosom.
Selama mRNA mengikat sub unit ribosom ini akan memicu adanya pendekatan lain melalui rantai RNA yang disebut dengan RNA transfer. Deretan tRNA ini akan mencapai pada suatu tempat yang tepat untuk mengikat mRNA dan menempel. Sembari menyentuh asam amino pada salah satu di bagian ujungnya. Saat hal ini terjadi, sub unit lain dari sel ribosom akan kembali dan membentuk struktur lengkap. Ketikan ribosom ini menyelimuti helai dari RNA maka akan ada untaian lain dari tRNA yang mendekat. Sehingga untaian ini akan membawa asam amino lain dan berbeda dari yang sebelumnya. Peristiwa ini pun terjadi pada lokasi yang tepat agar dapat mengikat mRNA dengan baik.
Saat helai dari kedua tRNA ini terjadi di asam amino maka akan ada dua asam amino yang saling berikatan satu sama lain. Proses pengikatan ini akan terbantu oleh ribosom dan energi dari sel lain untuk membentuk adenosin trifosfat atau ATP. Proses ini berurutan dang saling berulang-ulang hingga rantai asam amino tumbuh lagi dan lagi. Bilamana asam amino ini secara keseluruhan telah berada di urutan yang benar maka rantai akan dilipatkan ke dalam bentuk tiga dimensi yakni ketika protein telah selesai diproduksi.
Pada proses terciptanya protein dari dua sub unit ribosom ini terpisah nantinya akan bergabung lagi untuk digunakan dalam waktu nanti. Tak luput dari proses sintesis protein yang berlangsung di ribosom dan di seluruh sel. Proses ini berlangsung secara efisien dan mensintesis ratusan protein dalam hitungan per detiknya.
Peran RNA dalam sintesis protein
Terdapat peran dari RNA yang begitu teramat penting dari proses sintesis protein ini. Sebab messeger RNA ini akan menyediakan ribosom cetak biru untuk menciptakan protein. Kemudian diimbangi pula dengan asam amino sebagai bahan pembangunan protein. Peran pokok RNA disini ialah melawan infeksi yang dapat menghambat proses pembentukan protein. Dengan begitu dapat meminimalisir adanya resiko dari ketidakfungsian dari suatu sel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar